Info Pendidikan Terbaru KARIR GURU Laporan Komunitas Belajar Untuk Bukti Kinerja PMM

Laporan Komunitas Belajar Untuk Bukti Kinerja PMM

Laporan Komunitas Belajar Untuk Bukti Kinerja PMM

INFO PENDIDIKAN – Laporan Komunitas Belajar Untuk Bukti Kinerja PMM

Sobat Pendidikan, Komunitas belajar dalam sekolah adalah sekelompok pendidik dan tenaga kependidikan dalam satu sekolah yang belajar bersama-sama dan berkolaborasi secara rutin dengan tujuan yang jelas dan terukur untuk meningkatkan kualitas pembelajaran sehingga berdampak pada hasil belajar peserta didik.

Pembelajaran yang efektif membutuhkan kehadiran sosok guru yang kompeten, yaitu guru yang memiliki kapabilitas untuk merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran dengan baik. Pembelajaran yang efektif adalah pembelajaran yang dilaksanakan dengan strategi yang efektif, pengelolaan kelas yang efektif, serta desain kurikulum yang efektif pula (Marzano, 2007; 5).

Pembelajaran yang efektif terwujud melalui perilaku guru yang meliputi kejelasan penjelasan guru, variasi cara mengajar, orientasi tugas, dan optimalisasi keterlibatan belajar siswa (Borich, 1996; 11). Artinya, pembelajaran yang efektif hanya bisa dilakukan oleh guru yang memiliki kompetensi yang sesuai dengan persyaratan perundang-undangan.

Komunitas belajar dalam sekolah terdiri dari para pendidik yang ada pada satu sekolah. Sekolah dapat menyesuaikan strategi penyelenggaraan komunitas belajar dalam sekolah sesuai dengan karakteristik/kondisi sekolahnya masing-masing. Adapaun Program komunitas belajar dilaksanakan secara terstruktur dengan Jadwal yang sudah disusun sedemikian rupa dalam kurun waktu tertentu dan disesuiakan dengan kondisi sekolah.

Contoh Laporan Kombel ini menjadi salah satu bukti dukung E-Kinerja pada Platform Merdeka Mengajar (PMM). Bukti dukung tersebut dapat diunggah oleh guru setelah perencanaan kinerja yang diajukan serta mendapatkan persetujuan dari Kepala Sekolah.

Bukti tersebut merupakan dokumentasi yang dikumpulkan sebagai bagian dari pelaksanaan kegiatan Pengelolaan Kinerja. Jenis dokumen yang diunggah pada Pengelolaan Kinerja mencakup :

1. Dokumen RPP / Modul Ajar

Baca Juga :  Kunci Jawaban Post Test Modul 2 Kompetensi Literasi dalam Rapor Pendidikan

2. Bukti Dukung Pengembangan Kompetensi

3. Bukti Dukung Tugas Tambahan

Cara Unggah Bukti Dukung di E-Kinerja PMM

1. Buka Aplikasi E-Kinerja PMM pada laman https://guru.kemdikbud.go.id/pengelolaan-kinerja

2. Klik ‘Pengelolaan Kinerja’ pada menu Beranda di platform Merdeka Mengajar.

3. Bagi Anda yang mengakses pengelolaan kinerja melalui aplikasi PMM pada perangkat Android, Anda akan menerima notifikasi berupa rekomendasi untuk mengakses pengelolaan kinerja melalui laptop. Silakan akses pengelolaan kinerja melalui desktop atau laptop untuk mendapatkan pengalaman terbaik.Klik ‘Tetap di sini’ jika Anda masih ingin mengakses pengelolaan kinerja melalui aplikasi.

4. Klik ‘Cek langkah observasi’ untuk memulai pelaksanaan kinerja.

5. Selanjutnya, Anda dapat memulai untuk mengisi Pelaksanaan Kinerja secara berurutan sesuai dengan kegiatan yang dilakukan. Anda tidak bisa ke langkah selanjutnya apabila belum melakukan penyelesaian dikegiatan sebelumnya. Data yang harus di isi adalah sebagai berikut :

a. Kumpulkan Dokumen Persiapan

  • Klik ‘Isi dokumen’ untuk mengumpulkan dokumen persiapan pada pelaksanaan observasi.
  • Pada halaman Dokumen Persiapan, Anda dapat menemukan beberapa hal yang perlu dilakukan, seperti (1) Klik ‘Apa itu tujuan dokumen ini?’ untuk mendapatkan informasi mengenai tujuan dari dokumen persiapan ini. (2) Klik ‘Cek Rubik Observasi’ untuk mendapatkan informasi mengenai fokus perilaku yang diobservasi oleh Kepala Sekolah berdasarkan indikator yang dipilih pada tahap Perencanaan Kinerja. (3) Anda dapat memilih minimal satu perilaku yang ingin diperbaiki dan juga dipelajari oleh Anda dengan memberikan tanda ceklis pada kotak. (4) Anda dapat menuliskan upaya yang akan Anda lakukan untuk mempelajari Target Perilaku yang sudah dipilih sebelumnya. (5) Anda dapat mengatur ‘Jadwal Observasi’ dengan Kepala Sekolah, dan pastikan untuk berdiskusi terlebih dahulu sebelum menetapkan jadwal. Namun, jika jadwal yang diajukan tidak sesuai, Guru dapat berdiskusi dengan pihak kepala sekolah di luar dari jadwal yang sudah ditetapkan. (6) Anda dapat mengunggah dokumen RPP/Modul ajar yang akan digunakan ketika observasi kelas.
  • Klik ‘Kumpulkan’ jika Anda sudah mengisi dokumen persiapan dan mengunggah dokumen RPP/Modu atau. Klik ‘Simpan Draf’ jika Anda ingin berhenti sejenak ketika sedang mengisi dokumen persiapan dan akan kembali melakukan pengisian di lain waktu.
  • Selanjutnya, akan muncul tampilan konfirmasi untuk dokumen persiapan dapat dikumpulkan. Jika dokumen sudah sesuai, klik ‘Kumpulkan’, namun jika Anda ingin melakukan pengecekan ulang, klik ‘Cek Ulang’. Perlu diketahui dokumen yang telah dikumpulkan tidak bisa dilakukan perubahan kembali.
  • Setelah Anda mengumpulkan dokumen persiapan, Anda dapat memulai untuk mempelajari upaya yang ingin dilakukan sesuai dengan dokumen yang telah dikumpulkan.
  • Kepala Sekolah akan melakukan observasi kelas sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan, Anda dapat klik ‘Cek Rincian’ untuk melihat mengenai detail observasi.
Baca Juga :  Kunci Jawaban Post Test Modul 3 Praktik Pembelajaran Profesional Tahap Cakap dan Mahir

b. Kumpulkan Dokumen Tindak Lanjut

  • Jika Kepala Sekolah sudah melakukan observasi kelas, Anda bisa klik ‘Kumpulkan’ untuk mengumpulkan dokumen tindak lanjut dan melihat hasil penilaian observasi.
  • Anda akan melihat hasil penilaian dari Kepala Sekolah berdasarkan observasi, penilaian tersebut akan menjadi dasar untuk tindak lanjut yang perlu Anda lakukan. Namun, Anda tidak perlu khawatir hasil penilaian ini bukan menjadi nilai akhir.  Kepala Sekolah juga memberikan rekomendasi tindak lanjut yang dapat dilakukan oleh Guru. Klik ‘Lanjut’ untuk memulai pengisian dokumen tindak lanjut.
  • Pada halaman Dokumen Tindak Lanjut, Anda dapat menemukan beberapa hal yang perlu dilakukan, seperti (1) Klik ‘Apa itu tujuan dokumen ini?’ untuk mendapatkan informasi mengenai tujuan dari dokumen Tindak Lanjut. (2) Anda dapat isi dengan menceritakan tantangan atau kendala yang dihadapi ketika melakukan Praktik Kinerja. (3) Anda akan diminta untuk memilih pilihan belajar di PMM untuk kegiatan tindak lanjut. (4) Anda juga dapat mengisi rencana tidak lanjut dengan memilih pembelajaran lainnya untuk tindak lanjut apabila ada rencana pilihan belajar lainnya.
  • Klik ‘Kumpulkan’, jika Anda sudah mengisi dokumen tindak lanjut. Klik ‘Simpan Draf’ jika Anda ingin berhenti sejenak ketika sedang mengisi dokumen tindak lanjut dan akan kembali melakukan pengisian di lain waktu.
  • Selanjutnya, akan muncul tampilan konfirmasi untuk dokumen tindak lanjut dapat dikumpulkan. Jika dokumen sudah sesuai, klik ‘Kumpulkan’, namun jika Anda ingin melakukan pengecekan ulang, klik ‘Cek Ulang’. Perlu diketahui bahwa dokumen yang telah dikumpulkan tidak bisa dilakukan perubahan kembali.
  • Setelah Anda mengumpulkan dokumen tindak lanjut, Anda dapat memulai untuk mempelajari upaya/aksi yang ingin dilakukan sesuai dengan dokumen yang telah dikumpulkan.
Baca Juga :  Wajibkah Guru Memiliki Sertifikat Pelatihan Mandiri di PMM

c. Kumpulkan Dokumen Refleksi Tindak Lanjut

  • Jika Anda sudah melakukan Refleksi Tindak Lanjut, Anda bisa klik ‘Kumpulkan’ untuk mengumpulkan dokumen Refleksi Tindak Lanjut dan melihat hasil penilaian dari Kepala Sekolah tentang tindak lanjut yang telah dilakukan.
  • Pada halaman Dokumen Refleksi Tindak Lanjut, Anda diminta untuk mengisi dokumen tindak lanjut.
  • Klik ‘Kumpulkan’, jika Anda sudah mengisi dokumen refleksi tindak lanjut. Klik ‘Simpan Draf’ jika Anda ingin berhenti sejenak ketika sedang mengisi dokumen refleksi tindak lanjut dan akan kembali melakukan pengisian di lain waktu.
  • Selanjutnya, akan muncul tampilan konfirmasi untuk dokumen tindak lanjut dapat dikumpulkan. Jika dokumen sudah sesuai, klik ‘Kumpulkan’, namun jika Anda ingin melakukan pengecekan ulang, klik ‘Cek Ulang’. Perlu diketahui bahwa dokumen yang telah dikumpulkan tidak bisa dilakukan perubahan kembali.
  • Anda telah berhasil menyelesaikan pelaksanaan kinerja di platform Merdeka Mengajar. Selanjutnya, Anda dapat menunggu penilaian hasil dari refleksi tindak lanjut yang telah dikumpulkan.

Silahkan Download Laporan Komunitas Belajar Untuk Bukti Kinerja PMM pada link dibawah.

Download

Demikian informasi “Laporan Komunitas Belajar Untuk Bukti Kinerja PMM”.

Terima kasih sudah berkunjung, apabila artikel “Laporan Komunitas Belajar Untuk Bukti Kinerja PMM” ini bermanfaat, silahkan Klik LIKE dan SHARE kepada teman-teman yang lain.

 

Author: Putu Atmaka

Abdi Praja Dharma Satya Nagara Bhakti yang mengabdikan diri di dunia pendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *