INFO PENDIDIKAN – Modul 1 Jawaban Cerita Reflektif Penyesuaian Pembelajaran dengan Kebutuhan & Karakteristik Murid
Sobat Pendidikan, berikut contoh jawaban Cerita Reflektif dan Latihan Pemahaman Topik Penyesuaian Pembelajaran dengan Kebutuhan & Karakteristik Murid SMP-SMA Modul 1 Memahami Murid.
A. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Pemetaan Murid
Latihan Pemahaman :
1. Kebutuhan belajar adalah jarak atau kesenjangan antara sasaran belajar yang ingin dicapai, dengan kondisi riil murid saat ini
Jawab : Benar
2. Pemetaan murid dapat dilakukan berdasarkan tiga kategori di bawah ini, kecuali?
Jawab : Kegemaran permainan.
Cerita Reflektif : Ibu dan Bapak Guru, yuk kita lihat kembali keadaan kelas kita! Apakah ada murid yang mempunyai kesulitan dalam belajar? Keadaan seperti apa yang ditampilkan murid? (suka melamun/telat merespon/tidak tuntas mengerjakan tugas dst)?
Jawab :
Kesulitan belajar tentu dihadapi oleh seluruh murid dengan berbagai keadaan yang berbeda serta penanganan yang berbeda pula. Itu semua tergantung dari pribadi dan karakter masing-masing murid.
B. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Identifikasi Kebutuhan Murid
Latihan Pemahaman :
1. Apa cara yang dapat kita lakukan untuk memvalidasi ragam bahasa yang digunakan sehari-hari oleh murid?
Jawab : Memperhatikan bahasa yang digunakan dalam percakapan sehari-hari
2. Cara mengajarkan membaca pada murid SD kelas awal adalah dengan menyebutkan nama huruf dan tanpa konteks.
Pernyataan di atas adalah…
Jawab : Salah
Cerita Reflektif : Untuk mengidentifikasi kebutuhan kognitif murid, strategi apa yang ingin Anda lakukan?
Jawab : Pendekatan dan identifikasi perilaku murid
C. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Menyelaraskan Kebutuhan Murid dengan Tujuan Pembelajaran SMP-SMA
Latihan Pemahaman :
1. Menurut Marcie Nordlund, kita dapat melakukan pembelajran berdiferensiasi dengan melakukan modifikasi pada ketiga hal ini, kecuali…
Jawab : Cara berbicara di kelas
2. Bagaimana cara kita mengenali kemampuan dan kebutuhan murid?
Jawab : Melakukan asesmen diagnostik
3. Salah satu fungsi asesmen diagnostik adalah…
Jawab : Semua benar
Cerita Reflektif : Setelah mempelajari materi ini, strategi yang akan saya lakukan untuk menyelaraskan kebutuhan murid dengan tujuan pembelajaran adalah…
Jawab :
Memperbanyak pembelajaran dengan memberikan contoh dalam kehidupan sehari-hari terutama pada lingkungan sekitar.
D. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Manajemen Kelas
Latihan Pemahaman :
1. Berikut adalah ragam strategi manajemen kelas campuran yang benar, kecuali…
Jawab : Menetapkan bahan belajar harus yang diberikan oleh guru.
2. Dalam pengaturan manajemen kelas yang efektif, kita tidak perlu melibatkan murid dalam prosesnya.
Pernyataan di atas adalah…
Jawab : Salah
Cerita Reflektif : Setelah mempelajari materi ini, praktik manajemen kelas seperti apa yang ingin Anda rubah untuk memperbaiki kualitas pembelajaran di kelas?
Jawab :
Pembelajaran student center dan melaksanakan asesmen.
Demikian informasi “Modul 1 Jawaban Cerita Reflektif Penyesuaian Pembelajaran dengan Kebutuhan & Karakteristik Murid”.
Terima kasih sudah berkunjung, apabila artikel “Modul 1 Jawaban Cerita Reflektif Penyesuaian Pembelajaran dengan Kebutuhan & Karakteristik Murid” ini bermanfaat, silahkan Klik LIKE dan SHARE kepada teman-teman yang lain.