Info Pendidikan Terbaru TIPS Penataan Ruang Kelas Penting Dalam Penguasaan Kelas Dengan Baik Dalam Proses Pembelajaran Yang Efektif

Penataan Ruang Kelas Penting Dalam Penguasaan Kelas Dengan Baik Dalam Proses Pembelajaran Yang Efektif

Penataan Ruang Kelas Penting Dalam Penguasaan Kelas Dengan Baik Dalam Proses Pembelajaran Yang Efektif

INFO PENDIDIKAN – Penataan Ruang Kelas Penting Dalam Penguasaan Kelas Dengan Baik Dalam Proses Pembelajaran Yang Efektif

Sobat Pendidikan, ruang kelas bukanlah sebuah wilayah yang amat luas untuk berinteraksi dalam waktu lama. Anda dan siswa akan berpartisipasi dalam berbagai kegiatan di ruang kelas tersebut.

Apabila Anda dapat mengatur ruang kelas dengan baik akan mendapati lancarnya pergerakan, dan penguasaan kelas menjadi efektif dan efisien.

Oleh sebab itu, empat tips untuk menata ruang kelas agar memudahkan dalam penguasaan kelas pada proses pembelajaran

Berikut ini tips penting yang harus di terapkan oleh guru dalam penguasaan kelas dengan menata ruang kelas dengan baik, agar proses pembelajaran berjalan dengan efektif dan efisien:

1. Jadikan Wilayah Lalu Lalang Bebas Hambatan

Wilayah dimana banyak para siswa lalu lalang biasanya dapat menjadikan waktu pengajaran menjadi berubah karena banyak siswa yang harus menghindari beberapa hambatan-hambatan.

Untuk mengatasi kasus tersebut sebaiknya guru mengatur jarak bangku setiap siswa satu dengan yang lain sama lebar, kemudian melarang tas/ransel siswa terletak di sisi luar meja karena itu dapat mengganggu siswa yang ingin maju untuk presentasi atau menjawab soal

2. Pastikan semua murid terpantau dengan mudah oleh guru

Masing-masing kelas memiliki siswa yang beraneka macam entah dari postur tubuh. perilaku siswa dan sebagainya. Dalam keadaan normal guru banyak yang acuh terhadap point ini mungkin karena guru telah banyak pikiran jadi malas untuk memikirkan hal-hal kecil. Sayangnya justru hal yang kecil itulah dapat menyebabkan kondisi pengajaran makin tidak kondusif.

Contoh konkret hal kecil yang dapat berdampak besar adalah siswa senang duduk berkelompok di pojok belakang kelas biasanya akan bercakap sendiri tanpa memperhatikan guru karena banyak alasan misalnya pelajaran tidak menarik, cara pengajaran membosankan atau bahkan mereka tidak paham akan mata pelajaran tersebut, kondisi ini diperparah dengan adanya siswa tinggi duduk didepan sendiri sehingga menutupi teman yang membuat gaduh.

Masalah ini dapat kita pecahkan dengan cara menata kembali posisi duduk siswa dengan cara:

(1) Siswa pintar yang tinggi normal/kurang tinggi duduk didepan dengan duduk siswa yang kurang pintar/nakal yang berpostur sama tapi usahakan untuk dipencar jangan berdekatan dengan anak nakal lain.

(2) Apabila terdapat murid dengan postur tinggi taruhlah dibagian belakang sendiri dan tetap untuk tidak di kelompokan dengan anak nakal lain.

(3) Apabila ada siswa yang memiliki kebutuhan khusus (Rabun dekat/Jauh/ Silinder) letakan mereka diposisi yang mereka dapat membaca dengan jelas.

3. Jaga Material/ Perlengkapan Yang Sering Digunakan

Menjaga material yang mudah diakses tidak hanya mengurangi waktu yang hanya untuk menyiapkan perlengkapan saja tapi juga dapat membantu menghindari penundaan pengajaran.

Alasan seperti ini logis karena apabila Anda atau siswa yang menyiapkan peralatan yang sebenarnya telah memasuki jam pengajaran maka siswa lain akan teralihkan perhatiannya dengan peristiwa tersebut dan juga jam pengajaran Anda akan berkurang banyak.

4. Pastikan Siswa Dapat Dengan Mudah Melihat Presentasi Ataupun Media Pengajaran

Ketika Anda dan siswa sedang presentasi/ diskusi kelas, pastikan bahwa pastikan bahwa tempat duduk siswa dapat melihat LCD atau media lain tanpa harus memindahkan banyak bangku, kondisi seperti itu membuat para siswa memperhatikan.

Demikian informasi “Penataan Ruang Kelas Penting Dalam Penguasaan Kelas Dengan Baik Dalam Proses Pembelajaran Yang Efektif”

Baca Juga : Info Tips — DISINI

Terima kasih sudah berkunjung. Apabila artikel “Penataan Ruang Kelas Penting Dalam Penguasaan Kelas Dengan Baik Dalam Proses Pembelajaran Yang Efektif” ini bermanfaat, silahkan Klik LIKE dan SHARE kepada teman-teman yang lain.

Author: Putu Atmaka

Abdi Praja Dharma Satya Nagara Bhakti yang mengabdikan diri di dunia pendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.