Info Pendidikan Terbaru KARIR GURU Sekolah Tatap Muka 2021 & Buku Panduan Untuk Satuan Pendidikan

Sekolah Tatap Muka 2021 & Buku Panduan Untuk Satuan Pendidikan

Sekolah Tatap Muka 2021 & Buku Panduan Untuk Satuan Pendidikan

INFO PENDIDIKAN – Sekolah Tatap Muka 2021 & Buku Panduan Untuk Satuan Pendidikan

Sobat Pendidikan, buku panduan berisi ketentuan di pembelajaran sekolah tatap muka pada masa pandemi Covid-19 baru saja diluncurkan oleh Kemendikbud-ristek dan Kementerian Agama pada awal Juni 2021.

Kemendikbud menyusun buku panduan tersebut untuk menjadi alat bantu bagi guru dan tenaga kependidikan jenjang PAUDdikdasmen dalam memudahkan persiapan pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) secara terbatas pada tahun ini.

Penerbitan buku panduan itu menjadi tindak lanjut dari ketentuan dalam SKB Empat Menteri yang dirilis pada 30 Maret 2021.

Melalui SKB itu, pemerintah mendorong satuan pendidikan yang para guru dan tenaga pendidiknya sudah divaksinasi secara lengkap agar segera membuka layanan pembelajaran tatap muka secara terbatas.

Namun, pengelola sekolah juga tetap wajib menyediakan layakan pembelajaran jarak jauh (online) sehingga orang tua murid bisa memilih, apakah anaknya mengikuti sekolah tatap muka atau tidak.

Menurut Mendikbud-ristek, Nadiem Makarim, isi panduan tersebut diharapkan dapat disesuaikan dan dikembangkan berdasarkan kondisi sekolah di berbagai daerah.

“Kami harap panduan ini dapat dipelajari dengan seksama dan diterapkan sebaik mungkin demi kebaikan kita semua,” kata Nadiem dalam siaran resmi Kemdikbud.

Sementara itu, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas meyakini bahwa buku panduan itu selama ini sudah ditunggu oleh para guru, siswa, orang tua peserta didik, dan masyarakat umum.

“Mari dukung, laksanakan, dan patuhi poin-poin kebijakan penyelenggaraan pembelajaran di masa pandemi sebagaimana diatur di panduan ini dengan menempatkan aspek kesehatan, keselamatan, dan keamanan siswa sebagai aspek prioritas yang perlu diperhatikan dan dijunjung tinggi,” ujar dia.

Dirjen GTK Iwan Syahril menambahkan isi buku panduan tersebut berorientasi pada kepentingan para peserta didik yang menjalani sekolah tatap muka secara terbatas.

“Pertimbangan utama dalam memilih strategi yang ditampilkan di panduan ini adalah kemanfaatan sebesar-besarnya bagi murid,” dia menegaskan.

Isi Panduan Sekolah Tatap Muka saat Pandemi 2021

Penyusunan buku panduan sekolah tatap muka di masa pandemi didasarkan terhadap ketentuan yang tertuang dalam SKB Mendikbud, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Mendagri Nomor 03/KB/2021, Nomor 384 tahun 2021, Nomor HK.01.08/MENKES/4242/2021, dan Nomor 440-717 tahun 2021.

Isi buku panduan itu seputar ketentuan pembelajaran tatap muka saat pandemi, tugas satuan pendidikan, konsep dan strategi praktik pembelajaran pada masa pandemi, cara pengelolaan kelas dan perumusan jadwal sekolah, hingga model penyusunan RPP kelas/pelajaran.

Buku yang berjudul Panduan Penyelenggaran Pembelajaran PAUDDIKDASMEN di masa Pandemi Covid-19 tersebut juga memuat ketentuan soal protokol kesehatan saat sekolah tatap muka terbatas, model pengelolaan dan pemantauan pembelajaran, hingga pengembangannya.

Demikian informasi “Sekolah Tatap Muka 2021 & Buku Panduan Untuk Satuan Pendidikan”

Baca Juga : Info PERANGKAT PEMBELAJARAN — DISINI

File buku panduan pembelajaran tatap muka tersebut bisa diakses melalui link di bawah ini:

Download File Sekolah Tatap Muka 2021 & Buku Panduan Untuk Satuan Pendidikan

Terima kasih sudah berkunjung. Apabila artikel “Sekolah Tatap Muka 2021 & Buku Panduan Untuk Satuan Pendidikan” ini bermanfaat, silahkan Klik LIKE dan SHARE kepada teman-teman yang lain.

2 Likes

Author: Putu Atmaka

Abdi Praja Dharma Satya Nagara Bhakti yang mengabdikan diri di dunia pendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *