Info Pendidikan Terbaru KARIR GURU Soal Refleksi Hasil Belajar Profil Belajar Siswa dan Jawabannya

Soal Refleksi Hasil Belajar Profil Belajar Siswa dan Jawabannya

Soal Refleksi Hasil Belajar Profil Belajar Siswa dan Jawabannya

INFO PENDIDIKAN – Soal Refleksi Hasil Belajar Profil Belajar Siswa dan Jawabannya

Sobat Pendidikan, setelah mempelajari sesi kedua tentang PBS, tentunya Bapak / Ibu telah memiliki informasi, pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan dalam mengidentifikasi peserta didik disabilitas, menyusun dan mengisi instrumen PBS, dan menganalisis hasil PBS tersebut.

Untuk memantapkan pemahaman tentang materi ini, Bapak / Ibu diminta untuk melakukan refleksi hasil belajar, yang meliputi:

  1. Adakah hal baru yang menarik pada materi tentang PBS?
  2. Pada bagian mana yang masih sulit dipahami?
  3. Apakah Panduan PBS cukup bermanfaat dalam membantu Anda dalam mengidentifikasi peserta didik disabilitas di kelas/sekolah?
  4. Apakah instrumen PBS dapat membantu Anda dalam menentukan jenis kesulitan fungsional peserta didik sehingga dapat memberikan layanan yang tepat sesuai dengan kebutuhan peserta didik disabilitas di kelas/di sekolah?
  5. Apakah dalam panduan dan instrumen PBS ada hal-hal yang perlu dilengkapi atau diperbaiki agar lebih mudah dalam menggunakannya?
Baca Juga :  Soal dan Jawaban Kuis Penilaian Tengah Pelajaran 3 Seri Semangat Guru

Susunlah refleksi hasil belajar PBS dalam bentuk deskripsi/narasi, kemudian unggah melalui Assignment.

Jawaban Refleksi Hasil Belajar Profil Belajar Siswa

Berikut adalah referensi jawaban-nya :

Ada banyak hal yang baru saya tahu dari materi PBS ini, karena sekolah saya bukan termasuk sekolah inklusif, jadi masih banyak hal yang belum saya mengerti karena ini baru sekilas memahami teorinya dan belum terbiasa melakukan secara praktiknya. Identifikasi disabilitas fungsional dilakukan untuk memberikan informasi dan membantu guru mengidentifiksai dalam menentukan ragam dan tingkat disabilitas fungsional yang ditemukan pada siswa dengan mengisi instrument Profil Belajar Siswa (PBS). Kita seharusnya mulai berfikir dan melihat kesulitan apa saja yang ditemukan anak dalam melakukan aktifitas dan berpartisipasi dalam pembelajaran di kelas/ sekolah.

Profil Belajar Siswa (PBS) bagi guru sangat bermanfaat untuk mengenali setiap siswa di kelasnya secara invividu. Dengan Profil Belajar Siswa (PBS) maka guru dapat menerapkan pembelajaran yang lebih sesuai dengan karakteristik siswa.

Panduan PBS cukup bermanfaat dalam membantu dalam mengidentifikasi peserta didik, identifikasi kesulitan disabilitas fungsional dapat dilakukan oleh siapa saja. Guru atau sekolah akan lebih tepat dan sesuai untuk melihat kesulitan yang dialami siswa dalam aktifitas dan partisipasi di lingkungan sekolah. Identifikasi peserta didik akan lebih mudah dengan memanfaatkan instrumen PBS yang sudah tersedia sehingga guru bisa mengidentifikasi berdasarkan poin-poin yang suda disediakan.

Baca Juga :  Juknis LKS SMK 2021 jadwal & Panduan pendaftaran

Demikian informasi “Soal Refleksi Hasil Belajar Profil Belajar Siswa dan Jawabannya”

Sumber : https://ayogurubelajar.kemdikbud.go.id/

Baca Juga : Info Karir Guru — DISINI

Terima kasih sudah berkunjung. Apabila artikel “Soal Refleksi Hasil Belajar Profil Belajar Siswa dan Jawabannya” ini bermanfaat, silahkan Klik LIKE dan SHARE kepada teman-teman yang lain.

8 Likes

Author: Putu Atmaka

Abdi Praja Dharma Satya Nagara Bhakti yang mengabdikan diri di dunia pendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *