Info Pendidikan Terbaru TIPS Solusi Kendala Pembelajaran Inovatif Pada Kurikulum Merdeka

Solusi Kendala Pembelajaran Inovatif Pada Kurikulum Merdeka

Solusi Kendala Pembelajaran Inovatif Pada Kurikulum Merdeka

INFO PENDIDIKAN – Solusi Kendala Pembelajaran Inovatif Pada Kurikulum Merdeka

Sobat Pendidikan, pada saat ini kurikulum merdeka telah mulai diterapkan pada beberapa sekolah di Indonesia. Hal tersebut juga membuat suaut bentuk pembelajaran juga berubah. Dari hal tersebut tentu muncul kendala pembelajaran inovatif.

Dari kendala pembelajaran inovatif tersebut diperlukan solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Hal tersebut dapat dilakukan dengan beberapa cara yang harus diterapkan oleh guru.

Telah kita ketahui pada kurikulum merdeka ini sangat berfokus pada peserta didik atau student centered. Pembelajaran harus memperhatikan dan juga memberikan fasilitas kepada peserta didik agar kebutuhan pembelajaran mereka menjadi terpenuhi.

Selain itu, pada kurikulum merdeka, pembelajaran juga difokuskan untuk mengembangkan bakat dan juga minat dari peserta didik. Hal tersebut membuat pembelajaran menjadi bebas untuk mengembangkan potensi dari peserta didik.

Baca Juga :  Pemenuhan Beban Kerja Bagi Guru Bersertifikat Pendidik Dalam Implementasi Pembelajaran Dalam Kurikulum Merdeka

Oleh sebab itu suatu pembelajaran yang inovatif sangat diperlukan untuk dapat mendorong potensi dari peserta didik. Hal tersebut juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran peserta didik didalam kelas.

Dengan demikian, adanya pembelajaran yang inovatif sangat diperlukan agar terlaksana tujuan yang telah dilakukan. Akan tetapi dalam praktenya, pembelajaran tersebut tidak selalu sesuai rencana. Terdapat beberapa masalah dan juga kendala dalam implementasi pembelajaran tersebut.

Hal tersebut tentu membuat suatu inovasi menjadi terhambat. Adanya hambatan tersebut membuat pembelajaran juga menjadi lebih membosankan. Kendala kendala tersebut memang harus cepat untuk dicarikan solusi.

Kendala seperti beberapa pokok bahasan yang sangat sulit untuk diterapkan juga menjadi terhambatnya inovasi yang dilakukan dalam pembelajaran. Contoh dari hal tersebut adalah seperti terbatasnya sarana laboratorium.

Hal tersebut tentu dapat menyulitkan peserta didik untuk dapat melihat dan juga mengamati beberapa kejadian dan juga konsep yang akan dipelajari. Hal tersebut tentu menghambat adanya inovasi dalam pendidikan.

Baca Juga :  Asesmen Awal dalam Pembelajaran Berdiferensiasi

Selain itu hambatan lain adalah diperlukan alokasi waktu yang panjang dibandingkan dengan metode pembelajaran yang lain. Beberapa inovasi dalam metode pembelajaran memang memerlukan alokasi waktu yang berlebih.

Hal tersebut bertujuan untuk dapat membuat suatu pembelajaran lebih menjadi bermakan dan tersampaikan dengan jelas. Tetapi hambatan dari adanya inovasi tersebut adalah diperlukanya waktu yang berlebih.

Dengan hal tersebut alokasi waktu yang cukup menjadi dasar utama dari metode pembelajaran yang dapat digunakan untuk melakukan inovasi dalam pembelajaran. Hal tersebut memiliki peran penting dalam pembelajaran.

Adanya hambatan tersebut harus ditemukan solusi untuk melakukan penerapan dalam pembelajaran. Dengan demikian inovasi pembelajaran akan dapat dilakukan. Dengan memecahkan hambatan tersebut inovasi pembelajarna akan dapat dilakukan.

Hal ini juga akan berdampak pada kualitas pembelajaran yang sedang dilakukan. Oleh sebab itu adanya masalah pada inovasi tersebut haruslah segera diselesaikan. Untuk beberapa solusi terhadap masalah tersebut adalah sebagai berikut:

  • Guru harus selalu melakukan update mengenai perkembangan zaman yang berkaitan dengan model pembelajaran inovasi dan terus mencoba untuk melakukan hal yang baru yang juga berkaitan dengan perkembangan zaman.
  • Guru juga harus mampu membuat rencana pembelajaran dengan baik dan juga dapat menetapkan waktu yang berdasarkan fase sehingga materi yang diajarkan tercapai.
  • Guru harus dapat lebih kreatif dalam merancang dan menggunakan fitur dan juga aplikasi pembelajaran yang terintregasi pada internet sehingga memudahkan proses pembelajaran.
  • Harus dapat membiasakan kepada peserta didik untuk dapat menemukan masalah dan menguji masalah tersebut secara tim.
Baca Juga :  Contoh Modul Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tema Kewirausahaan

Demikian informasi “Solusi Kendala Pembelajaran Inovatif Pada Kurikulum Merdeka”.

https://naikpangkat.com/

Terima kasih sudah berkunjung, apabila artikel “Solusi Kendala Pembelajaran Inovatif Pada Kurikulum Merdeka” ini bermanfaat, silahkan Klik LIKE dan SHARE kepada teman-teman yang lain.

 

Author: Putu Atmaka

Abdi Praja Dharma Satya Nagara Bhakti yang mengabdikan diri di dunia pendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *