Info Pendidikan Terbaru CPNS Surat Edaran BKN Tentang Materi Pokok Soal SKB Seleksi CPNS Tahun 2021

Surat Edaran BKN Tentang Materi Pokok Soal SKB Seleksi CPNS Tahun 2021

Surat Edaran BKN Tentang Materi Pokok Soal SKB Seleksi CPNS Tahun 2021

INFO PENDIDIKAN – Surat Edaran BKN Tentang Materi Pokok Soal SKB Seleksi CPNS Tahun 2021

Sobat Pendidikan, Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) merupakan tahap terakhir dalam rangkaian seleksi CPNS 2021. Tes ini bertujuan untuk menilai kesesuaian antara kompetensi bidang yang dimiliki pelamar dengan standar kompetensi bidang sesuai kebutuhan jabatan. Pada tahap ini, peserta akan dihadapkan dengan ujian berbasis Computer Assisted Test (CAT) dan tes lain sesuai persyaratan jabatan.

Ketentuan materi SKB CPNS 2021 tertuang dalam Permen PANRB No. 27 Tahun 2021 tentang Pengadaan Pegawai Negeri Sipil namun terkait materi soal, BKN telah menerbitkan Surat Edaran BKN Nomor B/1625/M.SM.01.00/2021 tertanggal 10 November 2021 tentang Materi Pokok Soal Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dengan CAT untuk Seleksi CPNS Tahun Anggaran 2021. Materi soal SKB dengan sistem CAT untuk jabatan fungsional disusun oleh instansi pembina jabatan fungsional, sedangkan untuk jabatan pelaksana yang bersifat teknis digunakan soal SKB yang sesuai atau masih satu rumpun dengan jabatan fungsional terkait.

Baca Juga :  Seleksi Kompetensi CPNS dan PPPK 2021 Tidak Serentak, Ini Jadwal Terbarunya

Dalam Surat Edaran BKN Nomor B/1625/M.SM.01.00/2021 tentang Materi Pokok Soal Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dengan CAT untuk Seleksi CPNS Tahun Anggaran 2021, dinyatakan bahwa dalam rangka mewujudkan Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang bersih, kompeten, dan melayani, maka setiap PNS wajib memiliki kompetensi dasar dan kompetensi bidang yang sesuai dengan tuntutan jabatan. Sesuai dengan UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dan PP Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS, maka dengan berakhirnya pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), proses pengadaan CPNS selanjutnya adalah penyelenggaraan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) yang bertujuan untuk menilai kesesuaian antara kompetensi bidang yang dimiliki oleh pelamar dengan standar kompetensi bidang sesuai dengan kebutuhan Jabatan.

Baca Juga :  Hasil SKD CPNS Kemenkumham 2021 Kapan Diumumkan ini Informasinya

Berdasarkan hal tersebut, dipandang perlu adanya penyampaian Materi Pokok Seal SKB agar para peserta seleksi CPNS TA. 2021 dapat mengenali poin penting dari seal SKB dengan CAT yang akan diujikan sesuai dengan kompetensi jabatannya sehingga dapat mempersiapkan diri sebaik mungkin. PANSELNAS memberikan Materi Pokok Seal SKB dengan CAT dengan ketentuan sebagai berikut:

1. untuk Jabatan Fungsional disusun oleh instansi pembina Jabatan Fungsional

2. untuk Jabatan Pelaksana yang bersifat teknis digunakan:

a) soal SKB yang disusun khusus untuk jabatan dimaksud

b) soal SKB yang bersesuaian atau masih satu rumpun dengan Jabatan Fungsional dan/atau Jabatan Pelaksana terkait

Dinyatakan dalam Surat Edaran BKN Nomor B/1625/M.SM.01.00/2021 tentang Materi Pokok Soal Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dengan CAT untuk Seleksi CPNS Tahun Anggaran 2021, Materi Pokok Soal SKB tersebut dapat disebarluaskan melalui situs resmi instansi. Demikian informasi ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasama Saudara kami ucapkan terima kasih.

Baca Juga :  Begini Seragam Tes CPNS yang Harus Dipakai

Demikian informasi “Surat Edaran BKN Tentang Materi Pokok Soal SKB Seleksi CPNS Tahun 2021″

Baca Juga : Info CPNS — DISINI

Berikut link download tentang Surat Edaran BKN Tentang Materi Pokok Soal SKB Seleksi CPNS Tahun 2021 di bawah ini :

Download File Surat Edaran BKN Tentang Materi Pokok Soal SKB Seleksi CPNS Tahun 2021

Terima kasih sudah berkunjung. Apabila artikel “Surat Edaran BKN Tentang Materi Pokok Soal SKB Seleksi CPNS Tahun 2021” ini bermanfaat, silahkan Klik LIKE dan SHARE kepada teman-teman yang lain.

10 Likes

Author: Putu Atmaka

Abdi Praja Dharma Satya Nagara Bhakti yang mengabdikan diri di dunia pendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *