Info Pendidikan Terbaru KARIR GURU Kunci Jawaban Modul 2 Memeriksa Perencanaan Pembelajaran

Kunci Jawaban Modul 2 Memeriksa Perencanaan Pembelajaran

Kunci Jawaban Modul 2 Memeriksa Perencanaan Pembelajaran

INFO PENDIDIKAN – Kunci Jawaban Modul 2 Memeriksa Perencanaan Pembelajaran

Sobat Pendidikan, berikut ini adalah referensi Jawaban Latihan Pemahaman, Cerita Reflektif dan Post Test Pelatihan Mandiri Topik Supervisi Akademik Modul 2 Memeriksa Perencanaan Pembelajaran.

A. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Tantangan dan Manfaat Pemeriksaan Perencanaan Pembelajaran

Latihan Pemahaman : Salah satu tantangan kepala satuan pendidikan melakukan pemeriksaan perencanaan pembelajaran adalah …

A. Mengumpulkan guru

B. Melibatkan orang tua murid

C. Mengalokasikan waktu

D. Mengolah hasil supervisi akademik

Jawab : C

Cerita Reflektif : Apa tantangan Bapak Ibu dalam memeriksa perencanaan pembelajaran?

Jawab 

: Terkadang terhalang dengan jadwal kegiatan yang sifatnya mendadak dan sulit untuk mengatur ulang.

B. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Komponen dan Instrumen Pemeriksaan Perencanaan Pembelajaran

Latihan Pemahaman : Kepala satuan pendidikan harus memastikan para pendidik menerapkan pembelajaran berdiferensiasi dengan cara memeriksa adakah bentuk proses, konten, atau produk pada perencanaan pembelajaran.

Baca Juga :  Contoh Bukti Dukung Laporan Sebagai Kepala Laboratorium IPA Perencanaan Pengelolaan Kinerja di PMM

A. Benar

B. Salah

Jawab : A

Cerita Reflektif : Bagaimana biasanya cara Ibu Bapak memastikan para guru membuat perencanaan pembelajaran yang berpusat pada murid?

Jawab 

Dengan cara memastikan bahwa guru telah membuat perencanaan pembelajaran yang sesuai berdasarkan beberapa hal antara lain mengidentifikasi tujuan pembelajaran, mengenali siswa, menggunakan metode pengajaran yang bervariasi, membuat lingkungan belajar yang sesuai, memberikan umpan balik yang teratur dan memberikan evaluasi hasil pembelajaran.

C. Soal & Kunci Post Test Supervisi Akademik Modul 2

1. Yang termasuk tantangan kepala satuan pendidikan dalam memeriksa perencanaan pembelajaran yang berpusat pada murid adalah:

A. Sudah memeriksa perencanaan pembelajaran di setiap awal semester

B. Belum memahami sepenuhnya bagaimana melihat kesesuaian kegiatan pembelajaran dengan tujuan pembelajaran yang hendak dicapai

C. Memerlukan asisten dalam memeriksa perencanaan pembelajaran

D. Memiliki agenda terjadwal bersama guru untuk memeriksa perencanaan pembelajaran

Baca Juga :  Kunci Jawaban Cerita Reflektif Modul 3 Ayo, Perkuat Literasi

Jawab : B

2. Pada materi pembelajaran menyusun kata dari suku kata, Guru menyiapkan dua media belajar yang berbeda. Media belajar berupa kartu suku kata untuk murid yang sudah bisa mengeja suku kata (kelompok bintang) dan kartu huruf untuk murid yang masih belum bisa mengeja suku kata (kelompok bulan).

Guru berencana untuk melakukan permainan rangkai kata berdasarkan kartu gambar yang sudah disediakan secara berkelompok. Kelompok bintang diminta untuk merangkai suku kata menjadi kata yang sesuai dengan gambar yang diambil oleh ketua kelompok lalu menempelkannya di karton yang sudah disiapkan oleh guru.

Sementara itu kelompok bulan ditugaskan untuk merangkai huruf pertama dan kedua sehingga menjadi suku kata pertama sesuai dengan gambar yang muncul lalu menempelkannya di karton.

Dari perencanaan kegiatan pembelajaran diatas, guru tersebut merencanakan pembelajaran berdiferensiasi secara …

A. Konten

B. Produk

C. Proses dan konten

D. Produk dan proses

Jawab : C

3. Manfaat melakukan pemeriksaan perencanaan pembelajaran oleh kepala satuan pendidikan adalah…

A. Memastikan durasi pembelajaran dalam satu minggu

Baca Juga :  Kunci Jawaban Post Test Modul 4 Roots Day

B. Mengetahui media belajar yang digunakan

C. Mengetahui beban belajar murid

D. Memastikan perencanaan pembelajaran yang disusun oleh guru berpusat pada murid.

Jawab : D

4. Perhatikan tujuan pembelajaran berikut!

Peserta didik dapat mengidentifikasi ide pokok dan memahami pesan yang terkandung dalam teks deksripsi, narasi, dan eksposisi.

Manakah di antara kegiatan pembelajaran berikut yang tidak sesuai dengan tujuan pembelajaran di atas?

A. Peserta didik menceritakan ulang cerita yang dibaca secara bergiliran dengan menggunakan dadu pertanyaan.

B. Peserta didik secara berkelompok membuat lagu dengan tema lingkungan.

C. Peserta didik melakukan permainan menebak gerakan hewan yang terdapat di dalam cerita berkunjung ke kebun binatang.

D. Peserta didik melakukan diskusi kelompok untuk menentukan ide pokok dari kolom berita.

Jawab : B

Demikian informasi “Kunci Jawaban Modul 2 Memeriksa Perencanaan Pembelajaran”.

Terima kasih sudah berkunjung, apabila artikel “Kunci Jawaban Modul 2 Memeriksa Perencanaan Pembelajaran” ini bermanfaat, silahkan Klik LIKE dan SHARE kepada teman-teman yang lain.

 

Author: Putu Atmaka

Abdi Praja Dharma Satya Nagara Bhakti yang mengabdikan diri di dunia pendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *