Kunci Jawaban Modul 2 Mendesain Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Photo of author

By Putu Atmaka

Kunci Jawaban Modul 2 Mendesain Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

INFO PENDIDIKAN – Kunci Jawaban Modul 2 Mendesain Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Sobat Pendidikan, berikut ini adalah referensi Jawaban Latihan Pemahaman, Cerita Reflektif dan Post Test Pelatihan Mandiri Topik Pemodelan: Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Modul 2 Mendesain Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

A. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Identifikasi Potensi Satuan Pendidikan

Latihan Pemahaman :

1. Langkah kedua untuk menyiapkan projek profil sesudah menentukan tim fasilitator adalah satuan pendidikan melakukan identifikasi kesiapan penerapan projek profil. Pernyataan di atas adalah…

A. Benar

B. Salah

Jawab : A

2. Dimensi profl pelajar Pancasila sebagai tujuan projek profil dalam satuan pendidikan dapat ditentukan oleh guru di tahap awal?

A. Benar

B. Salah

Jawab : A

Cerita Reflektif : Bagaimana anda menjalankan peran anda sebagai pendidik dalam kegiatan pembelajaran bersama murid?

Jawab : Peserta didik akan banyak belajar bukan dari apa yang ia dengar, tetapi dari apa yang ia lihat, sehingga sebagai pendidik lebih banyak memperlihatkan karakter positif dengan harapan agar dapat ditiru oleh peserta didik.

B. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Mendesain Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Latihan Pemahaman :

1. Guru yang punya hak untuk menentukan dimensi projek profil, murid tidak berhak menentukan, meskipun itu pada satuan pendidikan tahap mahir. Pernyataan di atas adalah…

Baca Juga :  Contoh Laporan Tugas Tambahan Sebagai Pembina Ekstrakurikuler Untuk Bukti Dukung Perencanaan Pengelolaan Kinerja di PMM

A. Benar

B. Salah

Jawab : B

2. Dalam desain projek profil, hanya guru yang boleh melakukan assesmen atau penilaian terhadap proses dan karya murid. Pernyataan di atas adalah…

A. Benar

B. Salah

Jawab : B

Cerita Reflektif : Menurut Anda, apa yang berbeda antara kegiatan belajar mengajar yang selama ini anda jalankan dengan desain alur pembelajaran projek Profil?

Jawab : Perbedaannya adalah terletak pada pemantapan karakter peserta didik.

B. Soal & Kunci Post Test Supervisi Akademik Modul 2

1. Memahami perubahan peran merupakan bagian dari upaya membangun budaya yang mendukung terciptanya ekosistem pendidikan kontekstual. Siapakah yang harus memahami perubahan perannya untuk dapat mendukung upaya terciptanya ekosistem pendidikan kontekstual?

A. Murid

B. Guru

C. Kepala sekolah

D. Semuanya benar

Jawab : D

2. Refleksi diri menjadi tahap pembelajaran bagi murid untuk menentukan pilihan topik projek. Apakah yang dimaksud dengan tahap kegiatan refleksi diri?

A. Refleksi diri adalah kegiatan yang menandakan bahwa pembelajaran projek itu bagus.

B. Refleksi diri merupakan kegiatan murid untuk memahami topik projek yang ditentukan oleh guru.

C. Refleksi diri merupakan kegiatan murid mengenali kepeduliannya terhadap kenyataan lingkungan dan kehdupan sosial-budaya masyarakat sekitar.

D. Refleksi adalah kegiatan murid merencanakan tahap-tahap dalam proses pembelajaran berbasis projek.

Jawab : C

3. Dari hasil refleksi, murid dapat turut serta untuk menentukan piihan topik projek. Pada tahap berikutnya, murid dapat melakukan observasi pada saat proses melakukan projek profil. Apa tujuan dari observasi yang harus dilakukan murid?

A. Mengkaji topik pilihannya supaya sesuai dengan keinginan guru.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Modul 1 Tahapan Pendampingan Melalui Supervisi Akademik

B. Melaporkan pilihan topik hasil refleksi kepada guru

C. Mendapatkan penilaian oleh guru supaya dapat melanjutkan ke tahap pembelajaran berikutnya.

D Mencari dan menemukan data objektif dan referensi informasi yang relevan untuk mendukung topik pilihannya.

Jawab : D

4. Dalam desain projek profil, terdapat cukup banyak tahapan pembelajaran. Yang merupakan salah satu tahap awal dalam kegiatan projek profil, yaitu..

A. Refleksi untuk menentukan kesiapan satuan pendidikan

B. Pemutakhiran data satuan pendidikan

C. Observasi dan penentuan simpulan

D. Kajian bahan referensi untuk penelitian

Jawab : A

5. Ekosistem pendidikan kontekstual harus dibangun dan dikuatkan untuk mendukung implementasi pendidikan kontekstual berbasis projek. Berikut ini merupakan langkah-langkah persiapan membangun ekosistem pendidikan kontekstual, kecuali…..

A. Membangun budaya sekolah yang mendukung

B. Memperbaiki sarana dan prasarana penunjang

C. Memaknai perubahan peran pemangku kepentingan

D. Mendorong penguatan kapasitas pendidik

Jawab : B

6. Membangun ekosistem pendidikan kontekstual harus dipersiapkan dengan baik oleh semua pihak di satuan pendidikan. Mengapa ekosistem pendidikan kontekstual harus dipersiapkan?

A. Karena semua pihak yang berkepentingan dengan pendidikan murid harus memahami arti ekosistem pendidikan kontekstual

B. Karena ekosistem pendidikan kontekstual merupakan budaya pendidikan yang menuntut perubahan cara pandang, peran dan sikap baru dari semua pihak yang berkepentingan dalam pendidikan murid

C. Karena membangun ekosistem pendidikan kontekstual merupakan kewajiban tambahan yang berat bagi semua pihak.

D. Karena ekosistem pendidikan kontekstual dapat mempengaruhi kualitas pembelajaran murid.

Jawab : B

7. Hasil temuan data pada kegiatan observasi kemudian dikaji, dipilih, dipilah dan dianalisa untuk mendapatkan simpulan. Selanjutnya murid melanjutkan pembelajarannya pada tahap penentuan pilihan karya. Mengapa simpulan hasil kajian data dan informasi merupakan suatu hal yang penting dan utama dalam pembelajaran berbasis projek?

Baca Juga :  Laporan Komunitas Belajar Untuk Bukti Kinerja PMM

A. Simpulan kajian data dan informasi hasil observasi merupakan pengetahuan baru yang murid sendiri dan bermanfaat bagi murid.

B. Simpulan kajian data merupakan informasi tambahan yang memperkuat alasan pemilihan topik projek.

C. Simpulan kajian data menentukan asesmen sumatif murid nantinya.

D. Semua benar

Jawab : A

8. Budaya yang mendukung penerapan pembelajaran kontekstual berbasis projek yang berpusat pada murid dapat dimulai dari pembiasaan untuk menghormati hak murid sebagai subjek pemelajar. Berikut adalah wujud sikap menghormati hak murid sebagai subjek kecuali….

A. Mendengarkan pendapat murid

B. Memperlihatkan semua, tanpa kecuali

C. Memberikan kesempatan murid untuk bertanya

D. Membuatkan rencana pembelajaran untuk murid

Jawab : B

9. Untuk membentuk dan menguatkan ekosistem pendidikan kontekstual dibutuhkan budaya yang mendukung implementasi pembelajaran berbasis projek. Apa yang dimaksud dengan budaya satuan pendidikan yang mendukung implementasi pembelajaran berbasis projek yang berpusat pada murid?

A. Kebiasaan menerapkan nilai-nilai keutamaan praktik kegiatan pembelajaran.

B. Hasil budi daya pemangku kepentingan dalam menciptakan ekosistem pendidikan kontekstual.

C. Kebiasaan menerapkan cara pembelajaran baru dengan menghapuskan cara pembelajaran lama.

Jawab : A

Demikian informasi “Kunci Jawaban Modul 2 Mendesain Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila”.

Terima kasih sudah berkunjung, apabila artikel “Kunci Jawaban Modul 2 Mendesain Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila” ini bermanfaat, silahkan Klik LIKE dan SHARE kepada teman-teman yang lain.

 

Tinggalkan komentar