Info Pendidikan Terbaru KARIR GURU Kunci Jawaban Post Test Modul 1 Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran

Kunci Jawaban Post Test Modul 1 Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran

Kunci Jawaban Post Test Modul 1 Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran

INFO PENDIDIKAN – Kunci Jawaban Post Test Modul 1 Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran

Sobat Pendidikan, berikut ini adalah referensi Jawaban Post Test Pelatihan Mandiri Topik Topik Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran Modul 1 Mengenal Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran yang dapat digunakan sebagai acuan ibu dan bapak dalam menjawab Post Test.

1. Apakah perbedaan yang paling mendasar antara KKM dengan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran?

A. KKM dirumuskan di awal tahun ajaran, kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran dapat dirumuskan di tengah proses belajar

B. KKM hanya berupa indikator angka, kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran berupa deskripsi konkret mengenai kompetensi yang perlu dikuasai peserta didik

C. KKM dirumuskan oleh kepala sekolah, kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran dirumuskan oleh guru

D. KKM tidak dapat berubah sepanjang tahun, kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran dapat disesuaikan dengan tingkat kesulitan materi

Jawab : B

2. Pada pendekatan jenis ini, pendidik menetapkan serangkaian deskripsi kriteria ketuntasan yang berhubungan dengan suatu tugas, projek akhir, projek penutup tema, atau apapun yang hendak dinilai. Apa pendekatan yang dimaksud?

Baca Juga :  Kunci Jawaban Post Test Modul 3, 3 Dosa Pendidikan: Perundungan

A. Pendekatan menggunakan skala atau interval nilai

B. Pendekatan menggunakan deskripsi kriteria

C. Pendekatan menggunakan instrumen jurnal dan portfolio

D. Pendekatan menggunakan rubrik

Jawab : B

3. Setiap tahapan pada pendekatan rubrik selalu memuat deskripsi berdasarkan….

A. Performa belajar peserta didik

B. Indikator belajar peserta didi

C. Media belajar peserta didik

D. Model belajar peserta didik

Jawab : B

4. Ibu sulis mengajarkan materi tentang Bahasa Indonesia pada fase B. Dalam tujuan pembelajaran tertera “Peserta didik mampu membuat laporan hasil pengamatan berdasarkan hasil wawancara”. Berikut ini indikator kompetensi yang tepat untuk membantu Ibu Sulis menulis deskripsi kriteria tersebut adalah….

A. Peserta didik menunjukkan kemampuan penulisan teks eksplanasi dengan runut

B. Peserta didik menjelaskan teks eksplanasi dengan baik

C. Peserta didik memahami teks eksplanasi dengan baik

D. Peserta didik mampu mendengarkan wawancara dengan baik

Jawab : A

5. Interval nilai olahraga kasti:

0 – 40

Belum mencapai, remedial di seluruh bagian

41 – 75

Belum mencapai ketuntasan, remedial di bagian tertentu

76 – 100

Sudah mencapai ketuntasan, tidak perlu remedial

101 – 150

Di atas ketuntasan, perlu pengayaan

Ternyata, dari total 30 peserta didik di kelas, 20 diantaranya mendapat nilai 60, karena kemampuan menangkap bola yang perlu ditingkatkan. Contoh tindak lanjut yang bisa diberikan bagi para peserta didik tersebut adalah…

A. Mengulang asesmen hanya untuk peserta didik bersangkutan

B. Mengulang asesmen untuk seluruh kelas

C. Menambah porsi latihan peserta didik dengan cara berlatih berpasangan (sparring partner)

D. Tidak perlu ada pengulangan apapun

Jawab : C

6. Berikut ini yang bukan tujuan utama dari hasil asesmen menggunakan interval nilai, yaitu…

A. Mendapat pemetaan kemampuan peserta didik di kelas

B. Merancang proses pembelajaran berikutnya

C. Bahan akreditasi sekolah

D. Mengevaluasi proses pembelajaran

Jawab : C

7. Apa perbedaan paling mendasar antara pendekatan menggunakan deskripsi kriteria dengan pendekatan rubrik?

A. Pada pendekatan rubrik penjelasan untuk tiap indikator lebih komprehensif, dibandingkan dengan pendekatan deskripsi kriteria

Baca Juga :  Kunci Jawaban Post Test Modul 2 Keterampilan Dasar Agen Perubahan

B. Pendekatan rubrik lebih memakan waktu, sementara pendekatan deskripsi kriteria lebih singkat waktunya

C. Pendekatan rubrik diterapkan pada tugas berbentuk proyek jangka panjang, sementara pendekatan deskripsi kriteria untuk tugas berbentuk proyek jangka pendek sampai menengah

D. Pendekatan rubrik ada 4 tahap pencapaian, sedangkan pada pendekatan deskripsi kriteria hanya terdapat 2 tahap

Jawab : A

8. Setiap tahapan pada pendekatan rubrik, selalu memuat deskripsi berdasarkan…

A. Performa belajar peserta didik

B. Indikator belajar peserta didik

C. Media belajar peserta didik

D. Model belajar peserta didik

Jawab : B

9. Dalam setiap tahapan pendekatan rubrik yang memuat deskripsi berdasar pada

A. Model belajar dari murid

B. Indikator belajar pada murid

C. Performa belajar dari murid

D. Media belajar pada murid

Jawab : B

Demikian informasi “Kunci Jawaban Post Test Modul 1 Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran”.

Terima kasih sudah berkunjung, apabila artikel “Kunci Jawaban Post Test Modul 1 Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran” ini bermanfaat, silahkan Klik LIKE dan SHARE kepada teman-teman yang lain.

 

Author: Putu Atmaka

Abdi Praja Dharma Satya Nagara Bhakti yang mengabdikan diri di dunia pendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *