Info Pendidikan Terbaru KARIR GURU Kunci Jawaban Post Test Modul 2 Layanan Responsif

Kunci Jawaban Post Test Modul 2 Layanan Responsif

Kunci Jawaban Post Test Modul 2 Layanan Responsif

INFO PENDIDIKAN – Kunci Jawaban Post Test Modul 2 Layanan Responsif

Sobat Pendidikan, berikut ini adalah referensi Jawaban Post Test Pelatihan Mandiri Topik Bimbingan dan Konseling: Layanan Peminatan dan Responsif Modul 2 Layanan Responsif yang dapat digunakan sebagai acuan ibu dan bapak dalam menjawab Post Test.

Soal & Kunci Post Test Pelatihan Mandiri Topik Bimbingan dan Konseling: Layanan Peminatan dan Responsif Modul 2

1. Berikut ini yang bukan merupakan poin utama dalam merencanakan tindak lanjut hasil konseling individu adalah…

A. Sasaran

B. Program atau kegiatan

C. Bukti

D. Waktu

Jawab : C

2. Perhatikan pernyataan di bawah ini.

1. Penting untuk mendengarkan dan berempati pada peserta didik

2. Beri waktu bagi peserta didik untuk mengidentifikasi apa yang ia alami

3. Gunakan semua instrumen agar peserta didik memahami apa yang terjadi, memahami konsekuensi dan dapat menyusun rencana aksi

4. Libatkan tenaga ahli dalam semua sesi konseling individu

Manakah yang merupakan poin-poin utama saat melakukan konseling individu?

A. 1 dan 3

B. 2 dan 4

C. 1 dan 2

D. 3 dan 4

Jawab : B

3. Untuk membuat rencana aksi hasil konseling individu, pendidik dapat melihat kembali…

A. Bagan analisis masalah kolom perilaku

B. Hasil wawancara

C. Hasil observasi

D. Bagan analisis masalah kolom strategi

Jawab : D

4. Manakah tindakan yang perlu dilakukan saat memfasilitasi konseling kelompok?

Baca Juga :  Kunci Jawaban Modul 4 Komunikasi Efektif dan Penuh Empati

A. Menanggapi dengan cepat setiap cerita peserta didik

B. Memotong cerita dari peserta didik saat belum selesai bercerita

C. Membiarkan peserta didik menyampaikan semua yang ingin disampaikan terlebih dahulu

D. Memaksakan saran dan nasihat secara langsung untuk peserta didik

Jawab : C

5. Perhatikan pernyataan berikut ini.

1. Perkembangan hormon, fisik dan emosional

2. Hakikat manusia sebagai makhluk sosial

3. Proses pencarian jati diri

4. Kurang optimalnya lingkungan rumah

Manakah pernyataan yang menunjukkan penyebab internal menurut kasus konflik kekuasaan pada remaja?

A. 1

B. 2 dan 4

C. 1, 2 dan 3

D. Semua jawaban benar

Jawab : C

6. Perhatikan informasi berikut ini.

1. Seminar

2. Diskusi kelompok terpumpun

3. Lokakarya tentang parenting

4. Kerja sama memeriksa buku komunikasi

Manakah yang merupakan alternatif kegiatan yang dapat dilakukan untuk melibatkan dan memberdayakan orang tua?

A. 1 dan 2

B. 3 dan 4

C. 1, 3 dan 4

D. Semua jawaban benar

Jawab : D

7. Ibu Romi mendapat laporan dari wali kelas XA bahwa ada perkelahian yang terjadi antar peserta didik. Strategi yang dapat dilakukan oleh Ibu Romi selaku guru BK di sekolah adalah…

A. Menyerahkan konflik tersebut kepada wali kelas yang bersangkutan

B. Mengumpulkan informasi terkait konflik dari satu pihak saja

C. Membantu menengahi konflik dengan segera dan memahami konflik dari berbagai sudut pandang

D. Mempertontonkan peserta didik yang berkonflik di hadapan peserta didik lainnya sebagai contoh yang buruk

Jawab : C

8. Ketika pendidik menyusun strategi pada bagan analisis masalah, apa hal yang paling utama yang harus diperhatikan?

A. Keinginan orang tua

B. Melibatkan berbagai pihak

C. Kebutuhan peserta didik

D. Sesuai dengan target dari pihak sekolah

Jawab : C

9. Kapan waktu yang tepat untuk fasilitator konseling menyamakan pemahaman terkait apa itu konseling kelompok dan bagaimana pelaksanaannya?

A. Pada saat kegiatan refleksi

B. Pada saat diskusi pencarian solusi

C. Pada saat diskusi eksplorasi masalah

D. Pada saat kegiatan pembukaan awal

Jawab : D

10. Bapak Rendra selaku guru BK di sekolah Bahagia melakukan observasi di kelas XIII-C. Ia menemukan satu peserta didik yang memiliki masalah motivasi belajar. Langkah yang kurang tepat untuk dilakukan oleh Bapak Rendra adalah…

A. Mendiskusikan masalah peserta didik dengan teman sebayanya

B. Melibatkan orang tua peserta didik yang bersangkutan jika dibutuhkan

C. Melibatkan psikolog, psikiater atau tenaga ahli lainnya jika dibutuhkan

D. Mengajak peserta didik tersebut berdiskusi mengenai masalahnya

Jawab : A

11. Apa yang dapat satuan pendidikan lakukan jika tidak memiliki kemitraan dengan tenaga profesional dalam melakukan konseling individu?

A. Membiarkan peserta didik menyelesaikan masalahnya sendiri

B. Mengganti peran tenaga ahli dengan guru BK

C. Mendiskusikan dan meminta bantuan kepada orang tua untuk merencanakan sesi konseling dengan tenaga ahli di luar satuan pendidikan

D. Meminta pendidik lain untuk menjadi tenaga ahli

Jawab : C

12. Berikut yang bukan merupakan bagian yang harus dilengkapi pada bagan analisis masalah adalah…

Baca Juga :  Kunci Jawaban Modul 2 Permainan Interaktif untuk Pembelajaran Kooperatif dan Asesmen Peserta Didik

A. Faktor penyebab

B. Harapan

C. Minat dan bakat

D. Rencana Aksi

Jawab : C

13. Manakah yang bukan merupakan informasi yang perlu dikonfirmasi melalui konseling kelompok sebelum menentukan tindak lanjut rencana aksi?

A. Ketepatan waktu

B. Ketepatan observasi

C. Ketepatan analisis

D. Ketepatan kesimpulan akar masalah

Jawab : D

14. Berdasarkan analisis kebutuhan peserta didik, manakah yang tidak termasuk dalam bagan analisis situasi untuk menyelesaikan konflik kelompok?

A. Perilaku

B. Dampak

C. Harapan dan target

D. Harapan pendidik

Jawab : D

15. Keterampilan yang harus dimiliki pendidik saat menyelesaikan masalah pribadi peserta didik adalah…

A. Menjadi pendengar aktif, tidak memihak pada siapapun, menganggap remeh isu peserta didik

B. Dominan dalam konseling, bersikap netral, dan sensitif terhadap isu peserta didik

C. Menjadi pendengar yang baik, berpihak pada peserta didik, dan memiliki sensitivitas

D. Menjadi pendengar aktif, bersikap netral, dan sensitif terhadap isu peserta didik

Jawab : B

16. Pada pelaksanaan konseling kelompok, manakah yang hendaknya dilakukan terlebih dahulu?

A. Melakukan pencarian solusi perbaikan

B. Menyamakan pemahaman terkait apa itu konseling kelompok dan bagaimana pelaksanaannya

C. Merefleksi, berbagi pengalaman, bagaimana melakukan perubahan

D. Melakukan eksplorasi pada penyebab dan mungkin dampak dari permasalahan yang terjadi

Jawab : B

Demikian informasi “Kunci Jawaban Post Test Modul 2 Layanan Responsif”.

Terima kasih sudah berkunjung, apabila artikel “Kunci Jawaban Post Test Modul 2 Layanan Responsif” ini bermanfaat, silahkan Klik LIKE dan SHARE kepada teman-teman yang lain.

 

Author: Putu Atmaka

Abdi Praja Dharma Satya Nagara Bhakti yang mengabdikan diri di dunia pendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *