Info Pendidikan Terbaru KARIR GURU Kunci Jawaban Post Test Modul 2 Pengetahuan Profesional Tahap Cakap dan Mahir

Kunci Jawaban Post Test Modul 2 Pengetahuan Profesional Tahap Cakap dan Mahir

Kunci Jawaban Post Test Modul 2 Pengetahuan Profesional Tahap Cakap dan Mahir

INFO PENDIDIKAN – Kunci Jawaban Post Test Modul 2 Pengetahuan Profesional Tahap Cakap dan Mahir

Sobat Pendidikan, Kunci Jawaban Latihan Pemahaman, Cerita Reflektif dan Post Test Topik Literasi: Kompetensi Pendidik Tahap Cakap dan Mahir Modul 2. Semoga bisa menjadi bahan referensi dalam menyelesaikan seluruh Topik pada platform Merdeka Belajar.

Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Pengetahuan Profesional Tahap Cakap dan Mahir

Profil kemampuan literasi pendidik di tahap cakap dan mahir berdasarkan Perdirjen Nomor 0340 :

a. Pendidkk tahap cakap : mampu menganalisis dan menginterpretasi profil kemampuan peserta didik.

b. Pendidik tahap mahir : mampu menganalisis, memetakan, mengevaluasi, merefleksikan permasalahan dan merumuskan solusi.

Kemampuan membaca : aspek pengetahuan huruf, kesadaran fenomik, kefasihan membaca, pengetahuan kosakata, dan pemahaman baca. Kemampuan menulis : aspek ide, organisasi mekanik, penggunaan bahasa dan sudut pandang.

Strategi mengasah dan menguatkan kompetensi literasinya dapat dilakukan dengan :

Baca Juga :  Kunci Jawaban Post Test Modul 3, 3 Dosa Pendidikan: Perundungan

a. Melakukan analisis, pemetaan dan strategi terkait kompetensi litarasi.

b. Menjabatkan kemampuan membaca peserta didik.

c. Pendidik menganalisis pengetahuan struktur gagasan, dan pengetahuan kaidah penulisan merumuskan solusi dan mengembangkan kecakapan peserta didik.

d. Pendidik memahami pentingnya peran lingkungan belajar kaya literasi.

Metode narasi dari Charlotte Mason : Peserta didik menceritakan kembali bacaan yang telah dibaca/disimak, dalam kalimatnya sendiri.

1. Sebagai guru yang mempunyai kemampuan literasi mahir, diharapkan sudah mampu menganalisis dan mengintepretasi profil kemampuan peserta didiknya.

Pernyataan di atas adalah…

A. Benar

B. Salah

2. Saat guru sudah berada di tahap mahir, mengapa tetap perlu meningkatkan kecakapan literasinya?

A. Agar sekolah mendapatkan akreditasi yang bagus

B. Agar dapat terus memotivasi dan meningkatkan kemampuan membaca dan menulis peserta didik

C. Agar guru bisa mendapatkan banyak sertifikat

D. Agar guru bisa meningkatkan penghasilan

Setelah mempelajari materi ini, saya baru tahu kalau…

Baca Juga :  Contoh Laporan Tugas Tambahan Sebagai Wakil Kepala Sekolah Untuk Bukti Dukung Perencanaan Pengelolaan Kinerja di PMM

Jawab : Terdapat kemampuan literasi pendidik

Jawaban Post Test Modul 2 Pengetahuan Profesional Tahap Cakap dan Mahir

1. Hal-hal berikut adalah kemampuan membaca dan menulis peserta didik yang perlu diamati dan dianalisis oleh pendidik, yaitu….

A. Aspek huruf dan dekoding

B. Kesadaran fonemik dan dekoding

C. Sudut pandang dan aspek huruf

D. Kesadaran fonemik dan sudut pandang

2. Seorang guru SD kelas 5 ingin mengaplikasikan strategi pentingnya lingkungan kaya literasi untuk meningkatkan kecakapan menulis peserta didik. Hal-hal yang dapat dilakukan, antara lain:

A. Memberi tugas menyalin dan menulis sambung di jam Bahasa Indonesia

B. Berkoordinasi dengan guru kelas 6 untuk mengajak murid di kedua kelas aktif mengisi majalah dinding sekolah secara berkala

C. Menggunakan buku-buku ensiklopedia sebagai sumber belajar tunggal

D. Mengadakan jam kunjungan ke perpustakaan 1 x per semester

3. Murid Bapak Heri memiliki kesulitan dalam memahami bacaan dan menulis, khususnya menulis teks naratif. Bapak Heri ingin meningkatkan kecakapan literasinya agar bisa lebih membantu muridnya. Strategi apa yang paling tepat dilakukan oleh Bapak Heri?

Baca Juga :  Kunci Jawaban Cerita Reflektif Modul 1, 3 Dosa Pendidikan: Intoleransi

A. Memberikan banyak materi teoretis tentang pemahaman bacaan dan penulisan teks naratif untuk muridnya

B. Mengikuti pelatihan atau lokakarya terkait penulisan teks naratif dan pemahaman bacaan untuk mendapatkan inspirasi dan memperluas strategi

C. Memberikan tugas menulis teks naratif yang banyak pada peserta didik

D. Memberikan tugas membaca yang banyak pada peserta didik

4. Bentuk kegiatan yang kurang tepat untuk meningkatkan kecakapan literasi guru di tahap cakap dan mahir adalah…

A. Menghadiri lokakarya mengenai strategi pengajaran literasi

B. Berkolaborasi dengan rekan guru lainnya dan berbagi praktik baik dalam pengajaran literasi

C. Membaca literatur dan praktik baik mengenai pengajaran literasi

D. Menghabiskan waktu lebih untuk memberikan tugas yang banyak pada murid

Demikian informasi “Kunci Jawaban Post Test Modul 2 Pengetahuan Profesional Tahap Cakap dan Mahir”.

Terima kasih sudah berkunjung, apabila artikel “Kunci Jawaban Post Test Modul 2 Pengetahuan Profesional Tahap Cakap dan Mahir” ini bermanfaat, silahkan Klik LIKE dan SHARE kepada teman-teman yang lain.

 

Author: Putu Atmaka

Abdi Praja Dharma Satya Nagara Bhakti yang mengabdikan diri di dunia pendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *