Info Pendidikan Terbaru KARIR GURU Kunci Jawaban Post Test Modul 3 Praktik Pembelajaran Profesional Tahap Cakap dan Mahir

Kunci Jawaban Post Test Modul 3 Praktik Pembelajaran Profesional Tahap Cakap dan Mahir

Kunci Jawaban Post Test Modul 3 Praktik Pembelajaran Profesional Tahap Cakap dan Mahir

INFO PENDIDIKAN – Kunci Jawaban Post Test Modul 3 Praktik Pembelajaran Profesional Tahap Cakap dan Mahir

Sobat Pendidikan, Kunci Jawaban Latihan Pemahaman, Cerita Reflektif dan Post Test Topik Literasi: Kompetensi Pendidik Tahap Cakap dan Mahir Modul 3. Semoga bisa menjadi bahan referensi dalam menyelesaikan seluruh Topik pada platform Merdeka Belajar.

Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Praktik Pembelajaran Literasi Tahap Cakap dan Mahir

Indikator kompetensi pada aspek pembelajaran dan asesmen literasi pada tahap cakap dan tahap mahir.

A. Tahap Cakap

  • Mengembangkan rancangan dan melaksanakan pembelajaran dengan mempraktikan karakteristik dan kebutuhan peserta didik.
  • Mulai melakukan pemetaan kemampuan membaca dan menulis serta melakukan penanganan khusus untuk meningkatkannya secara sistematis

B. Tahap Mahir

  • Mengintegrasikan strategi yang dirancangnya secara eksplisit sesuai dengan materi ajar.
  • Melakukan penanganan khusus terhadap peserta didik sesuai profil kemampuan baca dan tulisnya

Beberapa referensi penguatan literasi kompetensi :

  • Menerapkan ragam strategi mengevaluasi dan merefleksi materi bacaan.
  • Melakukan pembelajaran terdiferensiasi dengan membaca.
Baca Juga :  Kunci Jawaban Modul 2 Permainan Interaktif untuk Pembelajaran Kooperatif dan Asesmen Peserta Didik

1. Berikut ini adalah pernyataan yang tidak tepat dari kompetensi literasi pada aspek pembelajaran dan asesmen literasi dari guru tahap cakap, yaitu…

A. Guru sudah dapat mengintegrasikan strategi yang dirancangnya secara eksplisit sesuai dengan materi ajar

B. Guru dapat melakukan penanganan khusus terhadap peserta didik sesuai profil kemampuan baca dan tulisnya

C. Guru mulai melakukan pemetaan kemampuan membaca dan menulis

D. Guru mengembangkan rancangan dan melaksanakan asesmen untuk meningkatkan kecakapan literasi peserta didik secara berkala

2. Kita tidak perlu menyusun jadwal khusus untuk murid untuk kegiatan membaca dan mengeksplorasi buku bacaan fiksi dan nonfiksi untuk meningkatkan kemampuan literasinya. Semua murid dapat belajar tanpa waktu yang ditentukan.

Pernyataan di atas adalah..

A. Benar

B. Salah

1 hal yang saya akan lakukan untuk meningkatkan pembelajaran literasi di kelas saya adalah…

Jawab : Mengembangkan rancangan dan melaksanakan asesmen secara berkala

Jawaban Post Test Modul 3 Praktik Pembelajaran Profesional Tahap Cakap dan Mahir

1. Pada strategi menggunakan media pembelajaran yang beragam sesuai dengan kebutuhan dan minat murid, guru dapat melakukan hal-hal berikut, kecuali…

Baca Juga :  Kunci Jawaban Post Test Modul 3 Agen Perubahan Melakukan Aksi Pencegahan Perundungan

A. Menggunakan buku pengayaan untuk semua

B. Mengakses buku digital maupun buku cetak yang disesuaikan dengan level kemampuan pembaca

C. Memilih teks bacaan yang dilengkapi dengan gambar, foto, peta, maupun infografis

D. Membuat kreasi media pembelajaran secara mandiri sesuai kebutuhan

2. Strategi penguatan literasi pada kegiatan melakukan pembelajaran membaca terdiferensiasi, yang perlu dilakukan oleh guru adalah…

A. Mengenalkan ragam teks dengan jenjang kesulitan yang acak sesuai keinginan guru

B. Membagi kelompok murid sesuai dengan tingkat kesiapan membaca

C. Membuat asesmen yang sama dengan nilai kompetensi minimum yang disepakati bersama

D. Fokus pada mengasah kelancaran membaca para peserta didik

3. Untuk mendukung lingkungan kaya teks di satuan pendidikan, langkah yang bisa dilakukan guru cakap dan mahir yaitu…

A. Menjadwalkan waktu khusus bagi peserta didik untuk membaca buku pengayaan secara berkala

Baca Juga :  Kunci Jawaban Modul 2 Mendesain Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

B. Menjadwalkan waktu khusus untuk peserta didik membuat jurnal menulis

C. Mengembangkan kemampuan menyeleksi buku pengayaan di kelas untuk mendukung pembelajaran dan kegiatan membaca yang menyenangkan dengan partisipasi peserta didik, orang tua, dan warga sekolah

D. Semua benar

4. Berikut ini yang bukan merupakan strategi yang dapat diterapkan untuk memperkaya literasi dalam pembelajaran sesuai dengan kebutuhan peserta didik yaitu…

A. Melakukan kurasi dan perjenjangan buku sesuai dengan kemampuan membaca peserta didik

B. Memajang teks sumber belajar (kutipan, infografis, poster, dll) di ruang kelas

C. Berdiskusi tentang konten buku bacaan tanpa waktu yang pasti

D. Melibatkan orang tua, peserta didik, dan warga sekolah lainnya dalam mengembangkan dan mengurasi koleksi buku pengayaan secara rutin

Demikian informasi “Kunci Jawaban Post Test Modul 3 Praktik Pembelajaran Profesional Tahap Cakap dan Mahir”.

Terima kasih sudah berkunjung, apabila artikel “Kunci Jawaban Post Test Modul 3 Praktik Pembelajaran Profesional Tahap Cakap dan Mahir” ini bermanfaat, silahkan Klik LIKE dan SHARE kepada teman-teman yang lain.

 

Author: Putu Atmaka

Abdi Praja Dharma Satya Nagara Bhakti yang mengabdikan diri di dunia pendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *