Info Pendidikan Terbaru News Tanya Jawab Seputar Pendaftaran Kurikulum Merdeka Tahun 2023

Tanya Jawab Seputar Pendaftaran Kurikulum Merdeka Tahun 2023

Tanya Jawab Seputar Pendaftaran Kurikulum Merdeka Tahun 2023

INFO PENDIDIKAN – Tanya Jawab Seputar Pendaftaran Kurikulum Merdeka Tahun 2023

Sobat Pendidikan, sejak Kurikulum Merdeka diluncurkan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi pada 11 Februari 2022 lalu, sebanyak 151 ribu satuan pendidikan sudah mengimplementasikan Kurikulum Merdeka dan telah merasakan berbagai dampak positif terhadap kegiatan belajar mengajar yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan kondisi satuan pendidikan.

Satuan pendidikan wajib melakukan pendaftaran untuk dapat mengimplementasikan Kurikulum Merdeka agar dapat memberikan fleksibilitas dan dukungan bagi pendidik untuk bergotong-royong menciptakan pembelajaran berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan pelajar dan kondisi satuan pendidikan.

Kemendikbudristek kembali membuka jadwal pendaftaran Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) untuk Satuan Pendidikan yang baru akan mendaftar pada tahun 2023.

Pendaftaran Kurikulum Merdeka Tahun Ajaran 2023/2024 dibuka pada tanggal 6 Februari 2023 (Pukul 18.00 WIB) sampai dengan 31 Maret 2023 melalui platform Merdeka Mengajar.

Untuk mengetahui lebih jelas mengenai pendaftaran Kurikulum Merdeka, berikut ini adalah tanya jawab seputar pendaftaran Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2023/2024.

Apakah satuan pendidikan yang sudah mendaftar Kurikulum Merdeka di tahun sebelumnya perlu melakukan pendaftar kembali?

Tidak. Namun, satuan pendidikan yang sudah terdaftar Kurikulum Merdeka di tahun 2022, dapat melakukan refleksi dan konfirmasi pilihan opsi implementasi Kurikulum Merdeka dengan cara yang ada di halaman ini.

Apakah saya masih bisa mengubah opsi implementasi Kurikulum Merdeka setelah melakukan pendaftaran/refleksi?

Bisa. Anda masih bisa mengubah opsi implementasi Kurikulum Merdeka maksimal 3 (tiga) kali selama pendaftaran masih dibuka. Cara mengubah opsi pendaftaran bisa dilihat di sini.

Mengapa data sekolah saya tidak muncul atau tidak sesuai?

Perlu diketahui, jika sekolah Anda terdaftar sebagai Sekolah Penggerak atau SMK Pusat Keunggulan, maka data sekolah Anda memang tidak akan muncul di halaman pendaftaran seperti pada gambar di bawah ini. Sebab, sekolah tersebut tidak perlu melakukan pendaftaran Kurikulum Merdeka melalui platform Merdeka Mengajar.

Baca Juga :  Pedoman Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Madrasah KMA 347 Tahun 2022

Pendaftaran IKM 2023

Namun, jika sekolah Anda bukan Sekolah Penggerak atau SMK Pusat keunggulan tetapi sekolah Anda tidak muncul atau data diri dan data satuan pendidikan Anda tidak sesuai, maka lakukan langkah berikut:

  • Klik Pusat Bantuan pada laman https://pusatinformasi.guru.kemdikbud.go.id
  • Isi data diri Anda dan jelaskan detail ketidaksesuaian data yang terjadi disertai bukti tangkapan layar data Anda di platform Merdeka Mengajar maupun di Dapodik, kemudian klik Kirim.
  • Petugas akan menghubungi Anda melalui email. Silakan cek kotak masuk email Anda secara berkala.

Apakah SMK yang sedang mengikuti pendaftaran SMK PK 2023, boleh mendaftar Kurikulum Merdeka melalui platform Merdeka Mengajar? 

Perlu diketahui, jika sekolah Anda adalah SMK yang sedang mengikuti seleksi SMK PK 2023 dan dinyatakan lulus, maka tidak perlu mendaftar Kurikulum Merdeka di platform Merdeka Mengajar.

Apa yang terjadi jika Akun belajar.id kepala sekolah mengalami proses pemutakhiran data padahal sebelumnya sudah melakukan pendaftaran Kurikulum Merdeka? 

Jangan khawatir, data pendaftaran Anda telah masuk dan Anda dapat mengakses rekap pendaftaran menggunakan Akun belajar.id yang baru. Namun perlu diketahui, Anda tidak bisa mengubah opsi implementasi Kurikulum Merdeka yang telah dipilih menggunakan Akun belajar.id Anda yang lama.

Bagaimana cara melakukan pembaruan (update) aplikasi Merdeka Mengajar ke versi 1.25.0?

Perlu diketahui, tombol pendaftaran Kurikulum Merdeka hanya tersedia di aplikasi Merdeka Mengajar minimal versi 1.25.0 (bagi yang menggunakan gawai Android). Oleh karena itu, jika kepala sekolah belum menemukan tombol pendaftaran Kurikulum Merdeka, bisa jadi karena aplikasi Merdeka Mengajarnya belum diperbarui ke versi 1.25.0.

Untuk melihat versi berapa aplikasi Merdeka Mengajar yang digunakan, silakan buka halaman Pengaturan, lalu Anda dapat melihat keterangan versi aplikasi Merdeka Mengajar yang digunakan seperti pada gambar di bawah.

Baca Juga :  Pendaftaran Narasumber Berbagi Praktik Baik IKM

Pendaftaran IKM 2023

Jika aplikasi Merdeka Mengajar masih di bawah versi 1.25.0, maka silakan lakukan pembaruan versi dengan cara klik tautan https://bit.ly/platformmerdekamengajar lalu klik Update. Selain itu, Anda juga dapat mengikuti cara berikut:

  • Buka Google Play Store 
  • Ketik “Merdeka Mengajar” di kolom pencarian, lalu klik Update.

Jika keterangan yang muncul bukan “Update”, melainkan “Uninstall”, artinya platform Merdeka Mengajar yang terpasang di gawai Android Anda sudah menggunakan versi terbaru dan tidak perlu melakukan pembaruan versi.

Di mana saya bisa mengunduh panduan pendaftaran Kurikulum Merdeka versi dokumen PDF?

Silakan unduh di https://bit.ly/PanduanpendaftaranKM-PDF  .

Siapa yang bisa mendaftar Kurikulum Merdeka?

Kepala sekolah atau Plt kepala sekolah dapat mendaftarkan satuan pendidikannya menggunakan Akun belajar.id kepala sekolah atau Plt kepala sekolah.

Kepala sekolah atau Plt kepala sekolah bisa saja meminta wakil kepala sekolah, guru, atau admin sekolah untuk mendaftar Kurikulum Merdeka, namun tetap menggunakan Akun belajar.id milik kepala sekolah atau Plt kepala sekolah. .

Apakah Plt kepala sekolah bisa mendaftar Kurikulum Merdeka?

Bisa. Selama status Anda di Dapodik aktif sebagai kepala sekolah maupun Plt kepala sekolah, maka Anda dapat mendaftar Kurikulum Merdeka menggunakan Akun belajar.id Anda.

Apakah ada perbedaan alur pendaftaran Kurikulum Merdeka bagi kepala sekolah definitif dengan Plt kepala sekolah?

Tidak. Tidak ada perbedaan alur pendaftaran bagi kepala sekolah dengan Plt kepala sekolah.

Mengapa saya tidak bisa mendaftar Kurkulum Merdeka walau sudah masuk/login menggunakan Akun belajar.id kepala sekolah atau Plt kepala sekolah?

Pendaftaran IKM 2023

Jika saat melakukan pendaftaran Anda mendapatkan layar dengan keterangan “Maaf pendaftaran/refleksi hanya untuk Kepala Sekolah” seperti pada gambar di atas, silakan ajukan akses pendaftaran melalui formulir http://bit.ly/KendalaAksesPendaftaranKM dengan menyertakan data berikut:

  1. Akun belajar.id yang aktif saat ini.
  2. NPSN
  3. Surat Keputusan (SK) penunjukan Anda menjadi kepala sekolah atau Plt kepala sekolah.
  4. Selanjutnya, data Anda akan diperiksa.
  5. Jika lulus pemeriksaan, maka akses pendaftaran akan diberikan setelah 3-5 hari mengisi formulir. Harap cek secara berkala sampai Anda bisa mengakses tombol Mulai Pendaftaran atau Lakukan Refleksi. Bagi yang tidak lulus pemeriksaan akan diberikan informasi melaluiemail.
  6. Jika dalam 3-5 hari setelah mengirim formulir, Anda masih belum bisa melakukan pendaftaran, silakan keluar/logout dan masuk/login kembali ke platform Merdeka Mengajar.
  7. Namun, apabila kendala masih dialami setelah mencoba langkah di atas, silakan hubungi bantuan dengan menekan tombol Pusat Bantuan.
Baca Juga :  Modul 3 Jawaban Post Test Penyesuaian Pembelajaran dengan Kebutuhan & Karakteristik Murid

Bagaimana jika saya tidak bisa mengisi formulir kendala akses pendaftaran?

Pendaftaran IKM 2023

Bagi Anda yang tidak bisa mengisi formulir http://bit.ly/KendalaAksesPendaftaranKM dan menemukan informasi “no longer accepting responses, try contacting the owner of the form if you think is a mistake” seperti gambar di atas, silakan hubungi Pusat Bantuan pada laman https://pusatinformasi.guru.kemdikbud.go.id dengan menyertakan data berikut:

  • Akun belajar.id yang aktif saat ini.
  • NPSN
  • Surat Keputusan (SK) penunjukan Anda menjadi kepala sekolah atau Plt kepala sekolah.
  • Selanjutnya, data Anda akan diperiksa.
  • Jika lulus pemeriksaan, maka akses pendaftaran akan diberikan setelah 3-5 hari menghubungi Pusat Bantuan. Harap cek secara berkala sampai Anda bisa mengakses tombol Mulai Pendaftaran atau Lakukan Refleksi. Bagi yang tidak lulus pemeriksaan akan diberikan informasi melaluiemail.
  • Jika dalam 3-5 hari menghubungi Pusat Bantuan, Anda masih belum bisa melakukan pendaftaran, silakan keluar/logoutdan masuk/loginkembali ke platform Merdeka Mengajar.
  • Namun, apabila kendala masih dialami setelah mencoba langkah di atas, silakan hubungi bantuan dengan menekan tombol Pusat Bantuan.

Demikian informasi “Tanya Jawab Seputar Pendaftaran Kurikulum Merdeka Tahun 2023”.

Terima kasih sudah berkunjung, apabila artikel “Tanya Jawab Seputar Pendaftaran Kurikulum Merdeka Tahun 2023” ini bermanfaat, silahkan Klik LIKE dan SHARE kepada teman-teman yang lain.

 

Author: Putu Atmaka

Abdi Praja Dharma Satya Nagara Bhakti yang mengabdikan diri di dunia pendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *